Australia, tiada bandingnya!



Melbourne - Pengalaman dan tujuan wisata

Royal Exhibition Building - Situs Warisan Dunia

Royal Exhibition Building Melbourne merupakan salah satu paviliun pameran tertua yang masih ada di dunia, pertama kali dibangun sebagai Great Exhibition pada 1880. Gedung ini menjadi pusat Commonwealth Parliament pertama pada 1901, dan merupakan bangunan pertama di Australia yang dicatat dalam Warisan Dunia.

Gedung yang dirancang oleh arsitek Joseph Reed – yang juga merancang Melbourne Town Hall dan State Library of Victoria – ini, memiliki desain paduan yang disebut-sebut terinspirasi oleh berbagai sumber, termasuk Florence Cathedral, unsur-unsur arsitektur Byzantium, Roma, dan Renaissance Italia, serta berbagai bangunan dari Normandia, Caen, dan Paris. Dalam kunjungan ke Victoria pada 1984, Princess Alexandra, sepupu Ratu Elizabeth II, menganugerahkan gelar kerajaan pada gedung ini, dan sejak saat itu, masyarakat mengenalnya sebagai Royal Exhibition Building.

Agar dapat memahami pentingnya bangunan ini bagi sejarah Melbourne, Anda dapat mengikuti tur berpemandu wisata yang dimulai dari Melbourne Museum, tepat di sebelahnya. Carlton Gardens yang mengelilingi gedung ini juga tercatat dalam Warisan Dunia sebagai contoh taman periode akhir abad ke-19 yang memukau. International Flower and Garden Show, yang terbesar di belahan bumi selatan, juga digelar di sini tiap musim gugur, dan membanjiri tempat ini dengan limpahan warna serta desain bunga-bungaan, baik di dalam maupun luar ruangan.

TUTUP